Manfaat mendaftarkan blog di Alexa.com


Manfaat mendaftarkan blog di Alexa.com  – Sebelumnya kita sudah mengetahui pengertian dari Alexa rank itu sendiri. Dalam melakukan sebuah tindakan, tentu ada tujuan dan manfaat tertentu yang ingin kita raih. Apakah itu manfaat baik, atau manfaat buruk, tergantung kepada dari diri kita yang melakukan. Begitupun dengan tindakan mendaftarkan blog atau website yang kita kelola ke situs Alexa.com, harus juga kita ketahui manfaatnya, bukan hanya sekedar ikut-ikutan.

Di postingan ini saya akan menguraikan hal apa saja yang kita dapat bila blog kita terdaftar di Alexa, tapi dalam konteks mendaftar saja ya. Tidak termasuk manfaat dari memasang widget Alexa rank di blog. Untuk manfaat dari memasang widget nantinya akan coba saya paparkan di postingan berikutnya.

1. Situs mendapatkan ranking Alexa

Itu sudah pasti, dan rasanya tidak perlu lagi saya jelaskan panjang lebar mengenai hal ini. karena otomatis setiap blog yang didaftarkan ke Alexa.com akan masuk ke sistem perankingan yang dilakukan oleh Alexa rank.

2. Mendapatkan informasi detail blog

Dengan mendaftarkan blog ke Alexa.com kita bisa mengetahui info spesifik blog, mengingat Alexa adalah situs yang menyediakan informasi data trafik, data yang kita peroleh tentunya tidak jauh-jauh dari informasi mengenai visitor, metric, dan statistik pengunjung lainnya seperti nilai bounce rate, trend trafik, dsb.

Tapi, untuk informasi yang lebih detail lagi, sejauh ini hanya bisa kita akses jika sudah menggunakan Alexa berbayar, nantinya data yang kita dapatkan berbeda dengan yang dapat dilihat oleh pengguna free (gratis), yang berupa ranking Alexa saja dan sedikit data spesifik.

fitur-Alexa-com-versi-berbayar
Salah satu fitur Alexa berbayar
Saran saya, kalau sobat memang sedang  mengelola sebuah situs profesional dan bergerak di bisnis online, dan ingin mendapatkan data detail berdasarkan perhitungan Alexa, tidak ada salahnya untuk mencoba Alexa berbayar. Caranya mudah, tinggal mengupgrade versi gratisan ke versi berbayar, dan pilih paket yang dibutuhkan, apakah Basic, Insight, atau Advanced. Kata teman blogger yang sudah pernah menggunakan versi berbayar ini, layanan yang diberikan tidaklah mengecewakan jika dibanding uang yang sudah kita keluarkan.

3. Bisa mendapatkan kepuasan batin tersendiri

Sesuai dengan pengalaman pribadi, apabila kita sudah mendaftarkan blog di Alexa.com dan mengetahui hasil dari Alexa rank, ada kepuasan batin tersendiri yang didapatkan. Karena dengan mengetahui ranking Alexa, kita dapat mengevaluasi kualitas dari blog yang di kelola. Apakah itu bagus, buruk, naik, atau turun kualitasnya.

Kalau baik, saya akan coba meningkatkan lagi. Tapi kalau seandainya buruk dan menurun, biasanya saya akan lebih termotivasi untuk mencari tau, belajar, dan mempraktekkan berbagai teknik yang saya peroleh dari berbagai sumber agar Alexa rank blog saya kembali bagus.

Sekian dulu sob, Manfaat mendaftarkan blog di Alexa.com. Berikutnya silahkan baca postingan tutorial Cara benar mendaftarkan blog di Alexa.com.

Share :

Facebook Twitter Google+
0 Komentar untuk "Manfaat mendaftarkan blog di Alexa.com"

Back To Top