Alexa Internet, Inc. perusahaan pemilik situs Alexa.com


Alexa Internet, Inc  – sebelum nya kita sudah membahas apa itu alexa rank, dan sedikit menyinggung situs Alexa.com yang merupakan pembuat ranking  Alexa. Perlu untuk kita ketahui, Alexa.com sendiri  adalah sebuah situs yang dimiliki oleh perusahaan yang bernama Alexa Internet, Inc.

Profil perusahaan Alexa Internet, Inc ini berawal dari sebuah perusahaan independen yang didirikan pada tahun 1996 oleh Brewster Kahle dan Bruce Gilliat, bergerak dibidang penyediaan data komersial traffic web, yang kemudian pada tahun 1999 diakuisisi oleh Amazon.

logo-alexa-dan-amazon

Sistem Alexa menciptakan sebuah toolbar untuk browser komputer yang berfungsi mengumpulkan data-data berisikan proses kebiasaan berselancar penggunanya di internet. Yang nantinya, berdasarkan hasil dari data-data toolbar berupa data trafik, rangking situs, dan informasi lainnya inilah alexa rank dibuat.

Sistem perankingan oleh toolbar Alexa ini terbukti memiliki akurasi yang cukup tinggi. Terlihat dari banyaknya peminat yang memasang toolbar Alexa di komputer mereka. Situs Alexa.com tercatat dikunjungi lebih kurang 8,8 juta orang per bulannya. Dan data terakhir pada tahun 2014 kemarin, 30 juta situs web dari berbagai negara telah terdaftar di perankingan Alexa.

***

Sedikit pendapat saya diluar topik postingan ini, saya mengambil sebuah kesimpulan bahwa Alexa.com, memanglah situsnya perusahaan Alexa Internet, Inc sekaligus bisa dikatakan pabrik dari perusahaan Alexa Internet, Inc itu sendiri. Mengingat hampir dari keseluruhan aktivitas yang dilakukan oleh perusahaan Alexa Internet, Inc berpusat di situs Alexa.com. Tambahan, proses akuisi perusahaan Alexa mungkin mirip dengan akuisisi yang dilakukan facebook terhadap Instagram, juga seperti Blogger yang diakuisisi oleh Google.com.

Share :

Facebook Twitter Google+
0 Komentar untuk "Alexa Internet, Inc. perusahaan pemilik situs Alexa.com"

Back To Top